Truk Masuk Jurang di Durensari, Satu Tewas

Editor: Agus Sigit

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Truk bermuatan kayu mengalami kecelakaan tunggal di jalan RT 10 RW 03 Dusun Genting, Desa Durensari, Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo, Minggu (19/12) siang. Satu penumpang truk, Sodikin warga Gebang Purworejo, tewas di lokasi kejadian akibat tertimpa badan kendaraan.

Kecelakaan diduga akibat kondisi jalan sempit dan sopir yang kurang menguasai medan. “Kendaraan asal Wonosobo, datang ke desa kami untuk memuat kayu yang sudah dibeli oleh juragan mereka,” kata Kades Durensari Siswanto, kepada KRJOGJA.com, Senin (20/12).

Kecelakaan terjadi setelah truk selesai memuat kayu dari kebun warga. Truk berpenumpang lima orang itu menapaki turunan dan tikungan tajam. Ketika hendak berbelok, roda truk tergelincir hingga kendaraan terperosok ke lereng jurang sedalam lima meter.

Beberapa awak kendaraan yang berada di atas bak truk menyelamatkan diri dengan melompat. Namun, satu korban gagal menyelamatkan diri dan tertimpa kendaraan hingga meninggal dunia di lokasi kejadian.

Menurutnya, lokasi tersebut memang rawan kecelakaan tunggal. Kondisi jalan licin, menurun dan adanya tikungan, katanya, menyebabkan pengendara motor beberapa kali tergelincir di lokasi. “Jalan itu akses antar pedukuhan, bukan jalan utama, tapi memang dilintasi warga setempat dan beberapa ada yang terpeleset,” tuturnya.

Warga yang mengetahui peristiwa itu segera memberikan pertolongan. Warga juga melapor ke Polsek Bagelen untuk bisa membantu evakuasi korban. “Korban berhasil dievakuasi dan dibawa ke RSUD Dr Tjitrowardoyo Purworejo untuk kemudian diserahkan kepada keluarganya,” ujarnya.

Warga juga menghubungi pegiat offroad M Harjanto untuk membantu evakuasi badan kendaraan. Harjanto membawa dua mobil offroad yang khusus digunakan untuk evakuasi di lokasi ekstrim.

Harjanto mengatakan, proses evakuasi terkendala sulitnya medan. “Kondisi jalannya ekstrim, tidak ada ruang gerak untuk mobil kami saat mengevakuasi truk. Sampai petang, kami baru berhasil membalikkan truk dan menyandarkannya di tebing, untuk menarik sampai jalan, butuh alat tambahan lagi,” ujarnya.(Jas)

BERITA REKOMENDASI