Tunggu Blanko, Pembuatan KIA Belum Ada Kepastian

Editor: KRjogja/Gus

TEMANGGUNG (KRJogja.com) – Pembuatan 20 ribu kartu identitas anak (KIA)  di Kabupaten Temanggung  yang mulai Agustus 2016 ini belum ada kepastian. Pasalnya, hingga sekarang berbagai perlengkapan serta  blangko KIA dari pemerintah pusat belum sampai ke Pemkab Temanggung.

 

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pemkab, Agus Wahyudi Budiono, Rabu (3/7), mengatakan, pembuatan KIA tersebut akan dilaksanakan sesuai rencana mulai Agustus ini. Bahkan, sekarang berbagai persiapan untuk pembuatan KIA terus dilakukan. ‘’Baik SDM (sumber daya manusia) maupun perlengkapan yang dibutuhkan untuk membuat KIA itu tengah disiapkan. Namun, KIA  baru bisa dibuat, setelah kami mendapatkan pengedropan blangko dari pusat,’’ujarnya.

Dipaparkan, untuk tenaga SDM yang akan menangani pembuatan KIA tersebut, rencana mulai Rabu (3/7)  hingga Jum’at (5/7) lusa, akan mengikuti bimbingan teknis (bimtek) pengoperasian aplikasi pembuatan KIA itu di Kemendagri RI Jakarta. ‘’Ada dua pegawai yang kami tugaskan untuk mengikuti diklat tersebut di Jakarta,’’jelasnya.

Selain mempersiapkan SDM dengan mengikuti bimtek tersebut, Disdukcapil juga tengah melakukan pengadaan perlengkapan-perlengkapan yang dibutuhkan untuk membuat atau mencetak KIA. Perlengkapan tersebut, seperti tinta printer, rebbon, film, dan lain-lain. Disebutkan, kalau untuk peralatan komputer dan alat pencetaknya sudah tersedia, yakni dengan menggunakan yang selama ini digunakan untuk mencetak E-KTP.  (Mud)

 

BERITA REKOMENDASI