Tuntut Kades Mundur, Warga Kebonrejo Duduki Balai Desa

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Ratusan warga Desa Kebonrejo, Kecamatan Salaman, Magelang menggruduk kantor balai desa setempat, Jumat (06/12/2019). Mereka menuntut Kepala Desanya, MS, mundur dari jabatan karena diduga melakukan beberapa penyelewengan dana desa.

Massa dengan membawa sepeda motor dan  berbagai kertas bertulisan tentang kejelekan kepala desa ditempel di gedung balai desa.  Aksi ini mendapat pengamanan dari keamanan Polsek Salaman, TNI Koramil Salaman, dan satuan dalmas Polres Magelang.

Baca juga :

Jelang Libur Nataru, Beberapa Harga Kebutuhan di Magelang Masih Stabil
Festival Telomoyo Angkat Pariwisata Magelang Utara

Salah satu Korlap Aksi, Haryoko mengatakan jika kepala desanya telah mengggunakan beberapa dana desa untuk kepentingan lain. “Yang menonjol adalah dana bantuan Gubernur tahun 2018 senilai Rp 174 juta, diakui oleh MS digunakan untuk kepentingan lain. Meski telah dikembalikan sebagian, namun hal itu setelah ada desakan dari masyarakat,” ungkapnya.

Selain itu, kata Haryoko, ada beberapa dana desa lain yang penggunaanya tidak transparan, dan hanya dilakukan oleh kepala desa sendiri tidak melibatkan BPD, dan masyarakat. Salah satu diantaranya, anggaran dana desa yang untuk pembangunan aula dan lainnya, dimana anggaran tidak sesuai yang dilaksanakan.

“Untuk itu hari ini kita minta dengan hormat soudara kepala desa agar mengundurkan diri dari jabatanya. Jika tidak bersedia mengundurkan diri kami serahkan kasus ini ke pihak hukum,” pintanya.

Camat Salaman, Joni Indarto yang memediasi kepala desa dengan masyarakatpun tidak bisa berbuat banyak terkait tuntuan masyarakat. “Ya kalau kita berusaha memediasi, namun jika tidak ada titik temu kita serahkan kepada hukum saja. Seperti apa hasilnya kita hormati proses hukum yang berlaku nanti,” pungkasnya. (Bag)

BERITA REKOMENDASI