Ubah Paradigma Masjid, Tempat Ibadah Juga Pemberdayaan

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al Istiqomah Kelurahan Sucen Juru Tengah Kecamatan Bayan Kabupaten Purworejo berencana memperluas program dengan menyelenggarakan kegiatan pemberdayaan dan pengentasan kemiskinan. DKM ingin mengubah paradigma masjid yang selama ini dianggap sebagian orang hanya untuk tempat ibadah.

Padahal masjid bisa menjadi pusat aktivitas kegiatan sosial nonkeagamaan, seperti pemberdayaan masyarakat dan pengentasan kemiskinan. “Kita harus mampu memancarkan gema Islam sebagai rahmatan lil alamin,” tegas Ketua DKM Al Istiqomah Drs Suhirman, kepada KR, usai peresmian Masjid Al Istiqomah Perum Korpri Abdinegara Sucen Juru Tengah, Sabtu (08/08/2020).

Menurutnya, masjid adalah tempat membangun peradaban umat. Selain untuk salat lima waktu dan sunah, katanya, bangunan masjid sangat layak untuk selenggarakan kegiatan lainnya.

DKM Al Istiqomah berencana menyelenggarakan aktivitas pemberdayaan seperti pelatihan wirausaha dan pendidikan untuk memberantas kebodohan. “Tentunya, tetap dengan mengedepankan penerapan protokol kesehatan,” ucapnya.

BERITA REKOMENDASI