Ujian Sekolah Berbasis Komputer Utamakan Kejujuran

PURWOREJO KRJOGJA.com – Ditengah merebaknya wabah virus corona, pelaksanaan ujian sekolah (US) berbasis komputer dengan perangkat daring menjadi pilihan. Para siswa mengerjakan soal ujian dari rumah dengan memanfaatkan aplikasi yang dipandu langsung oleh guru kelas masing-masing.

“Di sini siswa benar-benar diuji kejujurannya, karena yang bersangkutan mengerjakan ujian dari rumah, bisa nyambi apa saja. Bahkan bisa memilih jam khusus setelah dikonsultasikan dengan sekolah,” kata Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kabupaten Purworejo Ki Gandung Ngadina SPd MPd, Sabtu (28/3).

Rangkaian pelaksanaan ujian sekolah ini  katanya, untuk SMK berlangsung sesuai jadwal. Hanya saja karena tidak boleh ada perkumpulan orang banyak, maka ruang kelas yang sudah disediakan tidak jadi dimanfaatkan, karena peserta ujian mengerjakan soal ujian dari rumah dengan memanfaatkan teknologi digital.

“Ada sedikit kendala, terutama soal sinyal. Peserta yang berdomisili di daerah yang sulit sinyal harus mencari tempat yang tepat. Pihak sekolah juga menyediakan perangkat untuk dipinjamkan kepada siswa,” katanya seraya menambahkan, ada peserta yang perangkatnya rusak sehingga harus dipinjami.

Disamping itu jika ada kendala lain, maka guru kelas yang bersagkutan harus mendatangi siswa yang bersangkutan.

“Tapi secara umum dapat berjalan baik,” kata Ki Gandung Ngadina yang juga Kepala SMK Taman Karya Madya (TKM) Tamansiswa Purworejo ini.

Di sekolah yang dikelolanya sendiri lanjut Ki Gandung Ngadina, dari 333 peserta ujian hanya ada satu siswa yang sempat mengalami kesulitan karena perangkatnya rusak. “Sekolah segera meminjami sehingga siswa yang bersangkutan tetap bisa mengikuti ujian,” jelanya. (Nar)

 

BERITA REKOMENDASI