UM Purworejo Galang Donasi Bencana Rp 45 Juta

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Aliansi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo menggalang donasi bencana dari kalangan mahasiswa dan masyarakat umum di Kabupaten Purworejo. Mereka berhasil mengumpulkan dana Rp 45.255.400.

Bantuan itu disalurkan untuk korban bencana banjir di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sumatera Barat, Jawa Timur, longsor di Sumedang Jawa Barat, gempa bumi Majene Sulawesi Barat, dan bencana tanah bergerak di Kecamatan Bruno Kabupaten Purworejo. Penyaluran bantuan difasilitasi Lazismu UM Purworejo dan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Pusat.

Koordinator penggalangan donasi Elvani Dandi mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk empati mahasiswa dan civitas akademika terhadap berbagai bencana yang terjadi di Indonesia. Bahkan sejumlah wilayah di Jawa Tengah seperti Kudus, Semarang, dan Pekalongan juga tak luput dari bencana, yakni banjir.

“Menyikapi hal itu kami merasa perlu menggerakkan sumber daya kampus dan masyarakat di Purworejo, agar bisa menyisihkan sebagian rezekinya untuk donasi penanganan bencana,” tuturnya menjawab pertanyaan KRJOGJA.com, Selasa (09/02/2021).

Penggalangan dana dilakukan dengan aksi turun ke jalan dan konser amal secara daring. Aksi itu melibatkan elemen Ortonom Muhammadiyah (Ortom), Himpunan Mahasiswa (Hima) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Aksi turun ke jalan dilakukan di simpang SMA 6 Purworejo, simpang kolam renang, dan Simpang Don Bosco. Adapun konser amal dilakukan secara daring menggunakan aplikasi media sosial Instagram dan Youtube. “Pelaksanaan dua kegiatan itu tentu dengan mengedepankan protokol kesehatan ketat,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Lazismu UM Purworejo Nasrudin MSi mengemukakan, seluruh dana akan disalurkan kepada korban bencana alam di berbagai daerah itu. Tidak ada donasi yang dipotong untuk operasional karena seluruh kegiatan dibiayai kampus dan Lazismu UM Purworejo. “Kita salurkan seluruhnya kepada mereka yang berhak,” tandasnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI