Umat Hindu Magelang Gelar Melasti di Kali Mas

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG (KRJogja.com) – Menyambut Hari Raya Nyepi Tahu Saka 1940/2018, yang akan jatuh pada Sabtu (17/3/2018), umat Hindu yang ada di Magelang mengadakan kegiatan Melasti di areal sumber mata air Kali Mas di wilayah Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang, Kamis (15/3/2018). Beberapa Taruna dan Taruna Akmil, anggota TNI dan Polri maupun lainnya juga ada yang mengikuti rangkaian kegiatan yang berlangsung khidmat ini.

Untuk sampai di lokasi untuk kegiatan Melasti, mereka harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak di areal pertanian. Bahkan ada juga yang arealnya mirip seperti rawa, karena areal tersebut hanya ditumbuhi tanaman yang hidup di air yang dapat dijadikan sebagai bahan utama anyam-anyaman. Tetabuhan alat musik khas Bali juga ikut mengiringi perjalanan menuju areal sumber mata air.

Beberapa alas untuk duduk lesehan pun digelar di pelataran yang ada di komplek sumber mata air. Dipimpin Jero Wayan Kadek, umat pun mengikuti rangkaian persembahyangan dengan khidmat. Meskipun terik matahari cukup menyengat di tubuh, umat Hindu pun tetap khidmat mengikuti rangkaian acara sambil duduk di atas lembaran tikar platik yang digelar di pelataran.

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Magelang I Gede Suarti kepada wartawan diantaranya mengatakan kegiatan Melasti yang dilaksanakan ini dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1940/2018. Tema yang diambil pada Hari Raya Nyepi tahun 2018 ini adalah "Melalui Catur Brata Penyepian, Kita Tingkatkan Solidaritas Sebagai Perekat Keragaman Dalam Menjaga Keutungan NKRI".

Dalam kegiatan Melasti ini juga dilakukan pengambilan air untuk dipergunakan membersihkan beberapa peralatan dan perlengkapan. Melasti juga merupakal simbol penyucian diri bagi umat Hindu sebelum memasuki Hari Raya Nyepi. "Jadi ketika memasuki Hari Raya Nyepi kondisi sudah suci lahir dan batin," tambahnya. (Tha)

 

BERITA REKOMENDASI