UMKM Menjadi Jaring Pengaman Ekonomi Kerakyatan

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) kini menjadi andalan sekaligus jaring pengaman ekonomi kerakyatan. Penanggulangan kemiskinan, bahkan peningkaan kehidupan berkelanjutan.

“UMKM dapat mendukung penciptaan lapangan kerja, penanggulangan kemiskinan, peningkatan penghidupan berkelanjutan serta menggerakkan perekonomian daerah di masa pandemi virus Corona,” kata Wakil Bupati (Wabup) Purworejo Hj Yuli Hastuti SH, Rabu (05/08/2020).

Dalam membuka kegiatan koordinasi, sosialisasi dan pembinaan bansos jaring pengaman ekonomi bidang makanan Hj Yuli Hastuti mengatakan, bahwa pada masa pandemi covid-19 seperti saat ini, diperlukan berbagai upaya untuk mendukung eksistensi keberlanjutan UMKM.

Di Purworejo sendiri lanjut Hj Yuli Hastuti, dengan adanya bantuan sosial, akan dapat memberikan rangsangan kegiatan usaha produksi pelaku UMKM di tengah pandemi. Utamanya untuk membangkitkan ekonomi melalui UMKM.

“Kita menyadari bahwa UMKM merupakan usaha ekonomi produktif yang menjadi sandaran hidup sebagian masyarakat dan memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi. Sehingga Pemerintah terus berupaya agar UMKM bisa bertahan dan berkembang di berbagai situasi, juga disaat pandemi seperti sekarang ini,” tandasnya.

UMKM juga perlu mencari terobosan agar tetap berproduksi, yakni dengan mengoptimalkan pemasaran secara daring, inovasi produk sesuai selera pasar, efisiensi biaya produksi sesuai kebutuhan dan memperbanyak promosi melaui jejaring. “Saat sekarang hampir semua sektor usaha gencar promo menggunakan online,” jelas Hj Yuli Hastuti. (Nar)

BERITA REKOMENDASI