UMP Gelar Pelatihan dan Pendampingan Perajin VCO

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Pelaku industri rakyat yang memproduksi minyak Virgin Coconut Oil (VCO) di Kabupaten Purworejo hingga kini masih banyak yang belum mampu meningkatkan kesejahteraannya. Bahkan belakangan mereka terpuruk akibat pandemi virus corona (covid-19).

“Para pelaku industri rakyat ini kebanyakan masih dilakukan secara tradisional dan sendiri-sendiri sehingga hasil dan pemasaran produk juga belum optimal,” kata Agus Budi Santoso SH MH selaku pemantau dari Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP), Jumat (24/7).

Untuk membantu pengembangan industri rakyat ini UMP menggelar program kemiraan masyarakat dan pelatian manajemen produksi VCO untuk usaha kecil menengah (UKM) di Kelurahan Kedungsari Kecamatan Purworejo.

Sebagai awal pendampingan, ada sekitar 10 pelaku industri VCO rumahan yang mengikuti kegiatan ini, mengingat protokol covid-19 belum memungkinkan untuk perkumpulan orang banyak. “Kegiatan ini pun seharusnya juga diikuti mahasiswa, namun karena kondisi yang belum memungkinkan, sehingga banyak diantranya yang tidak hadir,” jelas Agus Budi Santoso.

Kegiatan pelatihan dengan menggandeng Koperasi Wanita (Kopwan) Srikandi Purworejo ini dimulai dari proses awal pemilihan bahan baku kelapa, pengolahan, penyaringan hingga pengemasan. “Kedepan akan kita arahkan ke KUB, agar prospeknya lebih baik,” kata Agus Budi Santoso seraya menambahkan, kedepan juga akan diupayakan bantuan peralatan. (Nar)

BERITA REKOMENDASI