UMP Gelar Wisuda Offline di Lapangan

Editor: Ivan Aditya

PURWOKERTO, KRJOGJA.com – Untuk kali pertama di saat pendemi Covid-19, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Sabtu (06/03/2021) menggelar wisuda offline di lapangan Mas Mansoer UMP. Kegiatan ini dengan menerapkan protokol kesehatan ketat sesuai intruksi Satgas Covid-19 Kabupaten Banyumas.

“Kita terapkan protokol kesehatan, sebelumnya peserta dan panitia menjalani rapid antigen,” kata Rektor UMP Dr Jebul Suroso seusai acara wisuda.

Menurutnya wisuda yang dilaksanakan selain digelar secara offline juga digelar secara online. Mereka para wisudawan sebelumnya ditawarkan ikut wisuda offline atau online. Sedang yang ikut wisuda offline sekitar 300 wisudawan dari 687 wisudawan.

Dihadapan wisudawan Rektor UMP Dr Jebul Suroso mengatakan, lulusan mahasiswa UMP merupakan salah satu perwujudan bentuk tanggung jawab UMP kepada bangsa dan negara Indonesia.

“Dengan penuh kebanggaan mempersembahkan mahasiswa yang berhasil lulus sebanyak 687. Saya berpesan, manfaatkanlah dengan baik bekal dan pengalaman yang telah Saudara dapat selama kuliah, baik pengalaman dalam organisasi kemahasiswaan maupun pengalaman dalam melakukan penelitian, pengabdian masyarakat dan penulisan karya ilmiah,” jelasnya.

Jebul, menambahkan UMP terus mengembangkan kerjasama Internasional dengan berbagai perguruan tinggi ternama di luar negeri Asia dan Eropa dalam bidang riset untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia. Selain itu, UMP saat ini terus memperkuat kerjasama dalam negeri dengan berbagai mitra strategis, diantaranya Instansi Pemerintah Daerah, Rumah Sakit, dan Industri terkemuka di seluruh Indonesia.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik Ir Aman Suyadi MP dalam laporannya, wisuda ini UMP melepaskan sebanyak 687 lulusan, terdiri dari Program Magister (S-2) sebanyak 54 orang, Program Sarjana (S-1) sebanyak 609 orang, dan Program Diploma Tiga (D-3) sebanyak 24 orang.

Lulusan tersebut, lanjut Aman, berasal dari berbagai daerah di Indonesia antara lain dari Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan bahkan beberapa dari luar negeri yaitu dari negara Thailand. Lulusan Wisuda 66 ini akan menambah komunitas Alumni UMP sehingga diharapkan dapat memberikan kontribusi positif kepada Indonesia dan dunia.

Dalam perjalanannya, berbagai prestasi telah diraih mahasiswa dan dosen UMP. ”Ini memang menjadi kebijakan kampus. Kita memberi keleluasaan dan kesempatan yang luas bagi mahasiswa dan dosen untuk meraih prestasi di berbagai bidang yang diminati,” pungkasnya. (Dri)

UMP

BERITA REKOMENDASI