UNBK Pertama, Walikota Magelang Was-was

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Walikota Magelang Ir H Sigit Widyonindito MT sempat merasa was-was berkaitan dengan pertama kalinya dilaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk tingkat SMP dan MTs.

"Ini pengalaman pertama bagi anak-anak. Tetapi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sudah laporan, ternyata sampai saat ini berjalan lancar tanpa kendala. Saya merasa senang,” ujar Walikota Magelang di sela-sela pemantauan kegiatan UNBK di wilayah Kota Magelang, Rabu (03/05/2017).

Dikatakan, UNBK ini tidak hanya pengalaman pertama bagi para siswa, tapi juga pemerintah. Maka, Walikota Magelang menilai wajar ketika dalam pelaksanaan ujian terjadi masalah, kendala, atau kekurangan baik teknis maupun nonteknis.

“Saya dengar hari pertama terjadi log out sebentar. Wajarlah, karena kita kan baru pertama. Pasti nanti ada evaluasi setelah ini agar pelaksanaan tahun depan dapat berjalan lebih baik lagi,” katanya.

Walikota Magelang juga mengapresiasi sekolah-sekolah yang semuanya siap menjalankan UNBK ini. Meskipun memang ada empat sekolah yang sementara menumpang di sekolah lain, karena kurang memadainya fasilitas komputer.

“Saya lihat tadi ada sekolah yang memberikan minuman dan makanan ke anak-anak yang barangkali di rumahnya tidak sempat sarapan. Minuman ini diberikan agar anak-anak siap mengerjakan ujian di depan komputer,” tambahnya.

Mengenai prestasi hasil UNBK, Walikota Magelang berharap dapat mempertahankan apa yang sudah dicapai tahun-tahun sebelumnya, SMP di Kota Magelang selalu mendapat predikat terbaik tingkat Jawa tengah, bahkan tingkat nasional. “Dengan kerja keras anak-anak dan semua pihak, kita optimis tetap menjadi yang terbaik,” tandasnya. (Tha)

BERITA REKOMENDASI