Unik, Awan Mirip Ombak Raksasa Terlihat di Pesisir Purworejo

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Fenomena awan unik berbentuk mirip gulungan ombak raksasa muncul di atas pesisir selatan Kabupaten Purworejo, Rabu (28/3/2018). Awan itu muncul di tengah laut dan bergerak menuju daratan menjelang hujan lebat mengguyur kawasan pesisir.

Fenomena itu diabadikan warga lewat kamera ponsel mereka. "Awab muncul selama kurang lebih satu jam, mulai jam 7 sampai 8 tadi pagi," ujar warga Desa Jatimalang Kecamatan Purwodadi, Maryono kepada KRJOGJA.com.

Dikatakan, awan tersebut baru pertama muncul diperairan pantai selatan. Ia mengaku tidak pernah melihat fenomena serupa sebelumnya.

Warga lain, Agus Pujiono menambahkan, awan membentang sepanjang pantai selatan dari ujung barat hingga timur cakrawala. "Saya tahunya awan semacam itu penanda akan hujan lebat. Memang hujan kemudian turun dan awan menghilang," ungkapnya.

Sementara itu, Kasi Kesiapsiagaan dan Pencegahan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purworejo Drs Edi Purwanto mengemukakan, fenomena itu adalah kumpulan awan Cumulonimbus (Cb) yang biasa muncul saat hujan. "Hanya saja memang bentuknya menarik, mungkin karena ada perbedaan suhu," ucapnya.

Ditinjau dari sisi kesiapsiagaan bencana, kata Edi, keberadaan awan itu menjadi penanda hujan lebat yang dapat saja mengakibatkan peristiwa seperti banjir, longsor dan angin puting beliung. Fenomena hujan ekstrim masih kerap terjadi di Purworejo pada masa peralihan musim.

Pihak BPBD Kabupaten Purworejo meminta masyarakat untuk selalu waspada ancaman bencana hidrometeorologi. "Cuaca cepat sekali berubah, wajib diwaspadai, termasuk oleh nelayan saat akan melaut. Sementara ini belum ada laporan bencana terjadi di Purworejo," katanya.(Jas)

BERITA REKOMENDASI