Unik..Bapak dan Anak Wisuda Bersama di Politeknik Sawunggalih Aji

Editor: Agus Sigit

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Politeknik Sawunggalih Aji (Polsa) Purworejo mewisuda 117 alumni secara daring, Rabu (27/10). Dalam kegiatan itu, Sarwono AMd AK (57) dan Miswan Nur Fauzi AMd AK (26), yang merupakan ayah dan anak, diwisuda bersama.

Sarwono merupakan alumni kelas Program Perangkat Desa (Prades), sedangkan Nur Fauzi adalah mahasiswa program studi D3 Akuntansi.
Ditemui KRJOGJA.com usai wisuda, Sarwono yang warga RT 01 RW 01 Desa Kemadu Lor itu mengaku bangga bisa lulus kuliah di Polsa. “Usia saya yang sudah tidak muda, kadang berpikir apa bisa kuliah lagi, tapi ternyata bisa dan berhasil lulus,” ungkap Kaur Perencanaan Desa Kemadu Lor Kecamatan Kutoarjo itu.

Menurutnya, keinginan untuk kuliah muncul ketika ada kesempatan yang dibuka Polsa lewat Kelas Prades. “Saya sejak muda ingin kuliah, tapi terkendala biaya, dan sekarang setelah menjadi prades, saya mendapat informasi dari paguyuban perangkat desa tentang kelas khusus perangkat di Polsa. Saya dan beberapa perangkat desa mendaftar program itu pada tahun 2019,” ucapnya.

Setelah mendaftar, kata Sarwono, Miswan yang sudah bekerja sebagai karyawan perusahaan, ternyata juga tertarik untuk ikut kuliah. Miswan mendaftar kuliah di Prodi Akuntansi dan mengambil program kelas sore.

Keduanya menjalani pendidikan selama tiga tahun dan berhasil lulus dengan nilai yang cukup memuaskan. “Untuk kuliah lancar, saya bisa mengikuti, kecuali untuk mata kuliah komputer memang jadi kendala karena saya sudah tua,” katanya.

Sarwono berharap kelulusannya menjadi motivasi bagi para prades Kabupaten Purworejo untuk menggapai pendidikan setinggi-tingginya. “Jangan melihat usia, nyatanya saya yang sudah tua saja bisa lulus. Selain itu, saya juga ingin memotivasi anak cucu agar mau menuntut ilmu setinggi-tingginya,” tegasnya.

Direktur Polsa Sapta Aji Sri Margiutomo SKom MM mengemukakan, wisuda dilaksanakan secara daring untuk mencegah kemungkinan penularan Covid-19. Polsa hanya menghadirkan 117 wisudawan, tanpa mengundang orang tua dan pejabat terkait. “Agar masyarakat bisa menyaksikan, wisuda di live streaming pada kanal video Youtube. Tidak ada orang tua yang hadir, kecuali Bapak Sarwono mendampingi anaknya, karena beliau juga diwisuda bersama sang anak,” katanya.

Selain bapak dan anak, Polsa juga mewisuda secara bersama pasangan suami istri Sungkono AMd Ak dan Anisa Wakhidatun Sholikhah AMd Ak, kakak beradik Imron Ahmad El Amin AMd Kom dan AAli Akbar El Amin AMd Kom, serta kakak adik Arif Wahyu Ashari AMd Kom dan Anisya Meiliyakarim AMd.

Dikatakan, wisuda bukan menjadi batas bagi alumni untuk menuntut ilmu. Alumni, lanjutnya, harus terus belajar dari berbagai sumber guna meningkatkan kompetensinya. “Ilmu yang didapat di Polsa harus digunakan untuk membantu masyarakat dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang mereka hadapi. Proses setelah lulus itu juga merupakan bagian dari pembelajaran demi meningkatkan kompetensi,” tandasnya.(Jas)

 

BERITA REKOMENDASI