Unik, Grebeg Kamardikan Jadi Wahana Wisata Kota Purworejo

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Grebeg Kamardikan yang digelar dalam rangka puncak peringatan HUT Kemerdekaan RI di Kabupaten Purworejo menjadi wahana wisata kota yang cukup menarik perhatian warga masyarakat. Kegiatan yang dipusatkan di Alun-alun besar Purworejo ini diikuti para palajar tingkat SLTA dengan berbagai kreasi yang menakjubkan.

“Grebeg Kamardikan ini sengaja kita kemas berbeda dengan tahun sebelumnya. Grebeg Kamardikan diarak di seputar alun-alun dari halaman pendapa rumah dinas (Rumdis) Bupti di sisi utara alun-alun,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Purworejo Agung Wibowo AP, Sabtu (24/8/2019) malam.

Kegiatan yang berlangsung pada sore hari itu diawali dengan upacara kecil para peserta grebeg di halaman pendapa Rumdis bupati, dan berjalan keluar menuju sisi selatan alun-alun. “Dari rombongan grebeg kita bagi dua, sebagian berjalan melalui jalur timur dan lainnya melalui jalur barat alun-alun. Arak-arakan grebeg ini bertemu di pintu gerbang alun-alun sisi selatan,” jelasnya.

Arak-arakan peserta grebeg ini menyusuri jalur trotoar seputar alun-alun, sementara penonton disediakan tempat di alun-alun. “Penonton bisa lebih  leluasa menikmati kegiatan grebeg ini karena tempatnya lebih luas,” tambah Agung Wibowo.

Peserta terdiri dari sembilan SLTA dengan mengusung tema kepahlawanan, baik lokal maupun nasional. (Nar)

 

BERITA REKOMENDASI