Unik, Lomba Perahu Karet dan Menghafal Pancasila

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG , KRjogja.com – Ada saja kegiatan unik yang dilaksanakan warga untuk memeriahkan HUT RI ke-74. Salah satunya seperti yang dilakukan warga RW 11, Dusun Jambean Selatan, Desa Rambeanak, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang. Mereka melakukan lomba perahu karet antar-RT saat di tengah rute perlombaan, peserta diharuskan menghafalkan teks Pancasila secara bersama-sama.

Lomba perahu karet ini hanya diikuti oleh 4 RT, setiap perahu terdiri 6 orang yang berlangsung di Sungai Elo. Enam orang dalam satu perahu tersebut bukan guide arung jeram. Melainkan, warga setempat yang terdiri baik laki-laki atau perempuan yang terpenting satu kelompok ada 6 orang.

Dalam lomba perahu ini menempuh jarak sekitar 1 km dan yang membedakan di tengah perjalanan atau pos yang ditentukan perahu berhenti. Kemudian, peserta turun dari perahu terus membaca Pancasila secara bersama-sama. Usai membaca Pancasila ini, satu perahu akan mendapatkan bola plastik kecil hingga dibawa sampai finish.

Koordinator lomba perahu karet, Syarif Hidayat disela-sela perlombaan Jumat (9/8/2019) mengatakan, lomba ini untuk memeriahkan HUT ke-74 Kemerdekaan RI. Lomba dilakukan agar warga antusias dan menanamkan nilai-nilai nasipnalisme. “Tujuan utamanya agar warga antusias mengikuti lomba. Namun yang utama tentu bagaimana agar semangat nasionalisme warga terus terasah,” ujarnya di sela-sela lomba perahu di Sungai Elo, Jumat (9/8/2019).

Hadiah untuk pemenang, lanjutnya, akan mendapatkan hadiah mancing gratis di kolam milik warga Jambean Selatan yang telah disewa panitia. Sedangkan untuk juara kedua mendapatkan souvenir dari panitia. (Bag)

 

 

BERITA REKOMENDASI