Unwidha Jalin Kerjasama dengan Aqua Klaten

Editor: Ivan Aditya

KLATEN, KRJOGJA.com – Universitas Widya Dharma (Unwidha)Klaten menjalin kerjasama dengan PT Tirta Investama (Aqua) Klaten. Kerjasama akan dilakukan untuk berbagai program yang terkait dengan bidang pendidikan.

Rencana kerjasama itu diawali dengan adanya kunjungan Wakil Rektor III Unwidha Bidang Kemahasiswaan Daru Pratomo didampingi Kepala Biro Administrasi Umum Warsino, ke Pabrik Aqua Klaten, Kamis (15/03/2018). Mereka diterima oleh  Stakeholder Relation Manager Aqua Klaten, Rama Zakaria beserta staf.

Daru Pratomo mengemukakan, dengan kunjungan tersebut diharapkan akan terjalin kemitraan antara lembaga akademik dan korporat. Yakni untuk saling memberikan manfaat baik bagi Unwidha maupun bagi Aqua. “Semoga dua lembaga ini bisa berkolaborasi, untuk mendatangkan hal-hal yang lebih bermanfaat bagi kedua belah pihak,” kata Daru Pratomo.

Mahasiswa juga bisa praktik langsung di bidang pertanian maupun pelestarian lingkunguan. Pengelolan sampah, revitalisasi dan pemanfaatan sungai untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat.

“Di sini ada kelompok tani organic. Mungkin dari mahasiswa jurusan pertanian nanti bisa melakukan pendampingan pada mereka untuk pasca panen misalnya. Untuk IT bisa juga bagaimana nanti mendampingi untuk pemasaran secara online.  Ada juga river tubing Pusur dan banyak hal yang bisa dimanfaatkan oleh adik-adik mahasiswa Unwidha untuk praktik lapangan,” kata Rama Zakaria.

Selain itu bagi mahasiswa keguruan juga bisa praktik mengajar langsung di alam. Mereka bisa memberikan pendidikan bagi para siswa yang biasa melakukan keunjungan wisata edukasi di taman keanekaragaman hayati (Kehati) milik Aqua Klaten.

Sebelum adanya kerjasama secara formal, selama ini sudah terjadi sinergi berbagai kegiatan antara Unwidha dan Aqua. Antara lain pernah dilakukan kerjasama dalam rangka peringatan Hari Pahlawan, dan pelatihan jurnalistik dengan mendatangkan pimpinan Aqua Klaten sebagai narasumber.

Selain itu, mahasiswa Unwidha juga sering terlibat dalam kegiatan CSR Aqua. Diantaranya pengibaran bendera raksasa terbuat dari sampah plastik pada perayaan HUT RI 2017. (Sit)

BERITA REKOMENDASI