UP2K Untuk Mengatasi Kemiskinan

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO (KRjogja.com) – Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) melalui jalur PKK diyakini dapat memberikan kontribusi besar terhadap pengentasan kemiskinan. Namun dalam mengembangkan usaha harus dilakukan secara kontinyu  dan tidak boleh terhenti.

 

“UP2K yang sudah memiliki produk agar dikembangkan, dan merangkul warga miskin. Termasuk kegiatan simpan pinjam supaya dialihkan untuk kegiatan usaha,” kata Kepala Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat (BKBPM) Kabupaten Purworejo H Genthong Sumharjono SSos MM, Senin (5/9).

Menurutnya, berbagai produk minyak VCO dan gula kristal yang sudah dikembangkan di Purworejo, sudah menjadi usaha yang sangat menjanjikan dari segi keuntungan. “Bahkan sudah ekspor ke beberapa Negara,” katanya seraya menyebut Korea, Jepang, Belanda, Australia, dan Jerman.

Dengan demikian menurut Genthong Sumharjono, maka UP2K yang sudah ada bisa bergabung, karena jumlah yang diekspor sangat besar. “Warga miskin supaya diikutsertakan pada usaha yang sudah mapan,” tandasnya. (Nar)

BERITA REKOMENDASI