Upacara Unik di Kaki Gunung Merapi

MAGELANG (KRjogja.com) – Upacara bendera memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-71 Tahun 2016 juga dilaksanakan masyarakat di kawasan kaki Gunung Merapi Magelang, tepatnya di Desa Sumber Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang, Rabu (17/8/2016). Suasana upacara yang dilaksanakan di halaman Kantor Desa Sumber tersebut dipadukan dengan seni dan budaya.

Bahasa Jawa menjadi bahasa utama dalam beberapa bagian upacara, termasuk aba-aba dari komandan upacara maupun amanat inspektur atau pembina upacara. Kostum atau busana yang dikenakan para peserta upacara juga bervariasi, dan musik pengiring pun menggunakan irama musik dari  beberapa alat musik tradisional seperti gamelan maupun lainnya.

"Irama musik di setiap aba-aba juga berbeda," kata salah satu seniman dari Tutup Ngisor Sitras Anjilin kepada KRjogja.com. Kalau pada upacara bendera biasanya menggunakan alat musik drumband dan terompetnya, namun dalam upacara di daerah yang berjarak sekitar 10-15 Km dari puncak Gunung Merapi ini menggunakan alat musik gamelan yang dimainkan beberapa seniman dari wilayah Desa Sumber.  

Kepala Desa Sumber Maryono kepada KRjogja.com diantaranya mengatakan dengan melestarikan budaya, khususnya di saat memperingati HUT Kemerdekaan RI ini, diharapkan akan semakin kuat. Kekuatan ini bukan karena faktor teknologi yang maju, tetapi karena kekuatan memegang budaya dan tradisi. Karena itu masyarakat juga diajak untuk memegang kuat-kuat budaya dan tradisi yang ada. (Tha)

BERITA REKOMENDASI