Usia Lanjut Tak Surutkan Bastiyah Berhaji

MENDUNG mulai bergelayut di langit Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo. Melihat itu, Bastiyah, nenek 86 tahun, bergegas menuju jemuran baju di pekarangan sebelah rumahnya. Tubuh bungkuknya tidak menghalangi, langkahnya cepat, lalu dengan cekatan mengangkat mukena dan kerudung yang sudah kering. 

Aktivitas harian seperti menyapu halaman, mencuci dan menimang cicit juga masih dilakukannya. Ia juga rutin salat subuh, zuhur dan asar di musala yang jaraknya 500 meter dari rumah. "Saya harus bisa mandiri, selalu bergerak biar sehat, sehingga bisa menunaikan ibadah haji dengan sempurna," ujar nenek 24 cucu 26 cicit warga RT 01 RW 01 Desa Tursino Kecamatan Kutoarjo, kepada KRjogja.com.
  
Bastiyah akan berangkat haji pada musim ibadah tahun 2016. Perempuan itu merupakan calon haji tertua di Kabupaten Purworejo. Tidak masalah menjadi yang tertua bagi Bastiyah, sebab ia berprinsip untuk berhaji selagi masih mampu.
  
Keinginan untuk menunaikan ibadah haji sudah dipendamnya sejak lama. Niatan itu dibulatkan dengan membuka tabungan haji pada salah satu bank BUMN di Purworejo.   Uang sisa pensiunan sebagai janda veteran selalu ditabungnya. Namun berbulan-bulan menabung, uang belum cukup untuk mendaftar dan mendapat nomor porsi haji. 

"Lalu anak saya Saptaningsih dan suaminya Sutoko Karyono, mendaftar haji. Saya jadi terpacu dan dibantu anak, akhirnya bisa ikut daftar pada tahun 2010," ungkapnya.
  
Ketika itu, Bastiyah dan dua anaknya mendapat porsi keberangkatan tahun 2015. Bastiyah hidup lebih prihatin demi bisa mengumpulkan dana melunasi biaya haji. "Menunggu lima tahun dan usia semakin tua, sempat ada kekhawatiran tidak bisa haji. Namun setelah dipikir, saya tidak ambil pusing, sabar saja, berserah pada Tuhan dan berdoa minta kesehatan," tuturnya.
  
Menjelang musim haji 2015, kabar kurang mengenakkan didengar Bastiyah, karena keberangkatannya ditunda akibat kuota dicoret pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Beruntung Bastiyah, Sutoko dan Saptaningsih dapat berangkat bersama pada tahun 2016. (Jas)

BERITA REKOMENDASI