Utusan KASN Datangi Bawaslu Purworejo, Mau Apa?

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Petugas utusan  dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Republik Indonesia (RI) di Jakarta akhirnya mendatangi Kantor Bawaslu Kabupaten Purworejo. Menyusul adanya laporan pelanggaran dua orang ASN yang diproses Bawaslu terkait pelanggaran Pemilu.

“Kami ke sini dalam rangka mengumpulkan barang bukti terkait rekomendasi pelanggaran ASN di Purworejo,” kata Ordiani Darunifa utusan dari KASN, Jumat(1/2).

Ordiani Darunifa yang didampingi dua petugas lainnya dari KASN Baiq Nina Meinastity dan Nailur Rahmi mengaku kedatangannya di Bawaslu Purworejo dalam rangka pengumpulan barang bukti terkait rekomendasi pelanggaran dua orang ASN yang pernah diproses Bawaslu Purworejo.

Ketua  Bawaslu  Purworejo Nur Kholiq mengaku, pihaknya memang sempat memproses pelanggaran dua orang ASN. Satu orang diantaranya diproses pada bulan Juni 2018 dan satu orang lagi diproses pada bulan Nopember 2018. “Keduanya melanggar norma netralitas ASN, sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 53 tahun 2010 serta Undang-undang Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN,” katanya.

Diakui, sesuai kewenangan Bawaslu memproses pelanggaran itu karena merupakan pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan. “Mekanismenya kami rekomendasikan ke KASN,” katanya seaya menambahkan, kehadiran petugas KASN ini sekaligus mengecek dan mengkonfirmasi atas rekomendasi Bawaslu.(Nar)

BERITA REKOMENDASI