UU Desa dan PP No 11 Tahun 2021, Peran Kepala Desa dan Bumdes Dioptimalkan

MAGELANG, KRJOGJA.com – Undang- Undang Desa dan PP Nomor 11 Tahun 2021 tentang Bumdes, menegaskan akan peran kepala desa sebagai pemimpin di desa dan Bumdes sebagai penggerak ekonomi desa. Hal ini juga sejala dengan program Kementrian Desa dan Daerah Tertinggal yang diimplementasikan melalui program Sustainable Development Goals (SDGs).

“Untuk mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan, maka percepatan pembangunan di desa menjadi prioritas. Untuk itu, Kepala Desa (Kades) harus mampu mengembangkan potensi yang dimiliki desa,” kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi pada Kemendes PDTT, Harlina Sulistyorini, pada sosialisasi UU Desa Nomor 6 Tahun 2014, di Joglo Ndeso, Muntilan, Kabupaten Magelang, Sabtu (27/2/2021).

Menurut Harlina, melalui program Sustainable Development Goals (SDGs) yang merupakan suatu rencana aksi global, sudah disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia. Maka pembangunan desa, menjadi prioritas untuk mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan.

BERITA REKOMENDASI