Varian Baru Covid-19 Terindikasi Masuk Wonosobo, ASN Diminta Jadi Teladan Terapkan Prokes

Editor: KRjogja/Gus

WONOSOBO, KRJOGJA.com – Jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkab Wonosobo diminta untuk tampil menjadi teladan dan motivator penerapan protokol kesehatan (prokes) di setiap wilayah tempat tinggal masing-masing. Hal itu demi mencegah meluasnya penyebaran Covid-19 di Wonosobo yang dalam beberapa pekan terakhir terus mengalami peningkatan.

“Kami minta agar semua ASN dapat menjadi teladan penerapan prokes di masyarakat, khususnya di lingkungan tempat tinggal masing-masing. Semoga tingkat ketaatan terhadap prokes di masyarakat semakin baik, sehingga mampu mencegah penularan yang dalam beberapa pekan terakhir terus mengalami peningkatan cukup sigsifikan,” kata Bupati Wonosobo ketika memimpin Apael ASN di halaman Bappeda Wonosobo, Selasa (15/6/2021).

Bupati mengungkapkan bahwa kondisi masyarakat saat ini memang mulai abai terhadap protokol kesehatan. Bahkan sudah ada warga yang nekat menggelar kegiatan yang mengundang keramaian massa. “Semalam kami beserta Dandim dan Kapolres bahkan menemui langsung penyelenggaran kegiatan keramaian di salah satu wilayah sampai pukul 01.00 WIB dini hari. Hal itu kami lakukan demi menyadarkan akan potensi bahaya penularan Covid-19 yang mengintai,” paparnya.

Terkait hal itu, Bupati juga meminta ASN di setiap wilayah untuk turut berpartisipasi aktif dalam upaya pencegahan agar kegiatan-kegiatan serupa tidak lagi terjadi di wilayah lainnya, sehingga potensi-potensi resiko penularan Covid-19 di Kabupaten Wonosobo dapat terus ditekan. Terlebih, saat ini menurut Afif sejumlah pegawai di lingkup Pemkab Wonosobo juga terindikasi terpapar virus corona, sehingga berpotensi melemahkan sektor pelayanan publik. “Kalau di kalangan ASN banyak yang confirm, lantas bagaimana kita akan mampu memberikan layanan prima kepada warga masyarakat,” tandasnya.

Menurut Bupati, para ASN mestinya mampu menunjukkan ketaatan bahkan menjadi teladan terhadap penerapan protokol kesehatan. Hal itu harus dilakukan demi menekan laju pertambahan jumlah kasus positif Covid-19 di Wonosobo yang saat ini telah mencapai 6.131 orang, dimana 5.376 orang dinyatakan telah sembuh, 443 masih dalam perawatan, dan 312 lainnya dinyatakan meninggal dunia.

BERITA REKOMENDASI