Wagub Taj Yasin : Santri Harus Ambil Peran Kemanusiaan

Editor: Agus Sigit

TEMANGGUNG (KRjogja.com) – Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen mengatakan santri tidak hanya mampu menjadi sandaran spiritualitas, tetapi juga menjadi motor dibidang lainya, termasuk harus memiliki peran dalam bidang kemanusiaan.

” Santri dan kyai harus mengambil peran kemanusiaan, diantaranya menjadi relawan di Satgas Covid-19 dan donor darah,” kata Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen usai pelantikan pengurus PMI Temanggung di Lapangan Desa Pendowo, Kranggan, Sabtu (25/9).

Selain pelantikan pengurus PMI Temanggung, juga digelar donor darah. Puluhan santri dan kiai yang tergabung dalam Santri gayeng Nusantara ikut mendonor, sebagian baru pertama kali dan sebagian lainnya telah berulang kali.

Taj Yasin mengatakan menjadi relawan Satgas Covid-19 dan donor darah merupakan contoh paling nyata, keterlibatan santri di bidang kemanusiaan. Kini Indonesia membutuhkan banyak relawan untuk tugas-tugas kemanusiaan, terutama dibidang pengendalian Covid-19 sehingga lekas menjadi endemi.
Jika kiai atau pimpinan pondok pesantren sebagai motor penggerak, kata dia, santri dan masyarakat akan ikut terpanggil dan mengikutinya.

” Kalau kiai dan santrinya mengawali, yang lainnya nanti ikut donor darah,” tegas putra KH Maimun Zubair tersebut.

Dia mengatakan kiai dan santri harus mengamalkan keilmuan agamanya dalam kehidupan nyata, terutama dibidang kemanusiaan. Yang dalam ilmu agama disebut hablum minannas atau hubungan antar manusia. ” Terima kasih pada semua pihak yang telah terlibat dalam tugas-tugas kemanusiaan, ” kata dia.

BERITA REKOMENDASI