Wah..Dua Dokter Belgia Ini Gowes Denpasar – Brussels

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO (KRjogja.com) – Victor dan Samuel Tihon, dua dokter warga negara Belgia, bersepeda dari Denpasar ke Brussels. Selama tiga minggu menempuh perjalanan, mereka akhirnya sampai ke Purworejo, Minggu (6/11).

Keduanya tidak sekedar bersepeda, namun juga ingin menggali informasi tentang kebudayaan dan keindahan alam di tempat yang disinggahi. "Tiga minggu bersepeda, sampai juga ke Purworejo," kata Samuel, kepada KRjogja.com.

Keduanya mengawali perjalanan dari Belgia naik pesawat dan turun di Denpasar. Beberapa waktu berwisata di Pulau Dewata, keduanya memutuskan kembali ke Belgia. Namun cara yang ditempuh diluar kebiasaan orang pada umumnya. Keduanya nekat bersepeda.

"Diawali ke Lombok, kami keliling di sana, lalu kembali ke Bali, menyeberang ke Banyuwangi lihat Kawah Ijen, ke Bondowoso, lalu Borobudur. Sekarang sedang perjalanan ke Kebumen lewat Purworejo," tuturnya.

Menurutnya, tujuan bersepeda karena ingin bertemu banyak orang, meningkatkan kemampuan fisik dan menikmati keindahan sejumlah tempat wisata. "Kami bertemu banyak orang, di Indonesia semuanya ramah dan kami menikmatinya," ucapnya.

Victor mengatakan, perjalanan panjang itu juga berhubungan dengan aktivitas mereka sebagai dokter di Belgia. Victor ingin mengetahui persoalan kesehatan yang masih dihadapi masyarakat di berbagai negara. "Kami ingin mencari tahu masalah kesehatan di berbagai negara, khususnya negara berkembang. Hasilnya akan menjadi referensi bagi kami dalam menjalankan tugas di negara kami," tegasnya.

Victor maupun Samuel mengaku memiliki impian mendedikasikan ilmu mereka untuk membantu lebih banyak orang. "Ini akan jadi semacam kerja sosial bagi kami," ujarnya.

Jarak yang harus ditempuh keduanya masih sangat jauh. Dari sekitar 20.000 kilometer jarak Denpasar-Brussels, belum ada sepuluh persennya terlampaui. Namun keduanya tetap bertekad menyelesaikan misinya pulang ke Brussels naik sepeda. (Jas)

 

 

BERITA REKOMENDASI