Wakil Bupati Kebumen Akhirnya Miliki Kewenangan Penuh

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Wakil Bupati (Wabup) Kebumen, KH Yazid Mahfudz, yang menjalankan tugas sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kebumen sejak April 2018 lalu, akhirnya mendapatkan tugas dan wewenang penuh sebagai Bupati dalam menjalankan roda pemerintahan di Kabupaten Kebumen, berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 131.33-5660 Tahun 2018.

"Dalam surat keputusan yang saya terima tanggal 14 September 2018 lalu itu, tugas dan kewenangan sebagai Bupati kini sudah bisa saya jalankan, termasuk dalam hal pengangkatan pejabat eselon Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen," ujar Wabup Kebumen, KH Yazid Mahfudz, dalam acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan 31 Pejabat Administrator dan Pengawas Pemkab Kebumen, di  Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen, Selasa (25/09/2018) sore.

Kendati kini sudah memiliki kewenangan penuh untuk mengangkat pejabat eselon Pemkab Kebumen, namun dikatakan oleh Yazid bahwa 31 pejabat yang dilantiknya tersebut pengusulannya sudah dilakukan sejak beberapa bulan lalu saat dirinya belum mendapatkan kewenangan penuh sebagai Bupati.

"Dengan demikian, pengangkatan mereka masih harus mendapatkan izin dari Menteri Dalam Negeri. Sedangkan pejabat baru pasca turunnya Keputusan Mendagri tersebut belum diproses pengangkatannya," jelas Yazid yang dilantik sebagai Plt Bupati Kebumen pasca Bupati Kebumen, Muhammad Yahya Fuad, ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi pada tanggal 19 Februari 2018 lalu.

Adapun 31 pejabat eselon III dan IV yang dilantik tersebut diantaranya Wahyu Siswanti MSi sebagai Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kebumen, sebelumnya Kabag Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Kebumen. 

Juga, Sukamto MT sebagai Sekretaris Inspektorat Daerah Kabupaten Kebumen, sebelumnya Kabag Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Kebumen. Sedangkan Siti Durotul Yatimah MM, dari Kasi di Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Disperumkimlh) Kebumen diangkat menjadi Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Disperumkimlh Kebumen.(Dwi)

BERITA REKOMENDASI