Wakil Rakyat Harusnya Tinggal di Dapil

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Anggota DPR RI idealnya tinggal di daerah atau wilayah daerah pemilihan (Dapil), bukan terpusat di Jakarta. Sebab, anggota DPR dipilih oleh rakyat yang berada di Dapil masing-masing sehingga akan tahu betul tentang kondisi atau kesulitan yang dialami oleh rakyat.

"Selama ini semua anggota DPR RI bertempat tinggal terpusat di Jakarta, dan anggota DPRD provinsi tinggal di ibu kota provinsi. Akibatnya anggota DPRD kabupaten/kota akan menjadi tumpuan konsituen karena keberadaannya paling dekat,” kata Direktur Eksekutif LPPI Semarang Drs Joko Prihatmoko MSi, Kamis (21/12/2017).

Dalam forum komunikasi lintas Parpol yang diselenggarakan Kantor Kesbangpol di Hotel Ganesha Kabupaten Purworjeo Joko Prihatmoko yang juga dosen Universitas Wahid Hasyim Semarang ini menjelaskan, selama ini anggota DPR RI datang ke daerah hanya sekedar reses, atau saat akan Pemilu. 

"Itupun tidak seluruhnya. Begitupun anggota DPRD provinsi datang hanya untuk reses. Seharusnya calon anggota DPR RI itu mengantongi KTP di Dapilnya minimal enam bulan sebelum Pemilu,” katanya.

Dengan cara ini lanjut Joko Prihatmoko, setiap anggota DPR bisa mengetahui persis akan kondisi rakyat yang memilihnya. "Selama ini yang menjadi sasaran anggota DPRD kabupaten/kota. Bahkan dalam penelitian saya, seorang anggota DPRD kabupaten pernah mendapat undangan hajadan baik tertulis maupun tidak sebanyak 32. Bisa dibayangkan jika satu undangan menyumbang Rp 200 ribu, maka gajinya akan habis,” jelasnya. (Nar)

BERITA REKOMENDASI