Walikota Kukuhkan Pasukan Banpol

MAGELANG, KRJogja.com – Pasukan Bantuan Satuan Polisi Pamong Praja (Banpol Satpol PP) Kota Magelang dikukuhkan Walikota Magelang Ir H Sigit Widyonindito MT di halaman depan Kantor Walikota Magelang, Kamis (18/1/2018).

Kepala Satpol PP Kota Magelang Singgih Indri Pranggana mengatakan ada 20 orang yang tergabung dalam Banpol Satpol PP Kota Magelang ini. "Ada 10 laki-laki dan 10 perempuan yang bergabung dalam Banpol. Mereka merupakan warga umum yang kami seleksi sesuai dengan ketentuan," kata Singgih usai pengukuhan. 

Banpol ini, kata Singgih  akan ditugaskan untuk melakukan pengamanan di objek-objek vital Kota Magelang, terutama wahana dancing fontain (air mancur menari) di alun-alun Kota Magelang. "Serta pengamanan di kawasan Jalan Pemuda, Jalan Mataram dan Jalan Sriwijaya. Mereka akan mobiling bersama dengan petugas Satpol lain yang sudah ada," tambahnya.

Dalam prakteknya nanti, Banpol ini diharapkan bertugas dengan mengedepankan gerakan persuasif dan humanis. Sehingga kesan kinerja Satpol, yang serba menekan, bisa hilang. "Kita ingin menampakkan wajah baru dari Satpol PP dengan adanya banpol ini," kata Singgih.

Walikota Magelang Banpol bisa membantu kelancaran kerja Satpol PP di lapangan. "Tantangan profesionalisme ke depan adalah bagaimana menegakkan peraturan daerah dengan humanis dan persuasif. Akan ada semakin banyak tantangan yang kompleks. Untuk itu dibutuhkan loyalitas, komitmen tinggi, dan patuh pada pimpinan," kata Walikota Magelang. (Tha)

BERITA REKOMENDASI