Warga Banjiri Penutupan FLM 2019

MAGELANG, KRJOGJA.com -Ribuan warga banjiri penutupan kegiatan Festival Lembah Merapi (FLM) 2019 di Gunung Gono, Desa Banyubiru, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang.

Pada event yang masuk tahun kedua ini, ditutup dengan kirab tumpengan oleh masyarakat setempat Minggu (04/08/2019) tadi. Tak hanya kirab tumpeng, tapi juga ada parade dan lomba hewan hias.

"Di Desa Banyubiru terdapat 14 Dusun dan 49 RT semuanya melaksanakan kirab tumpengan, ditambah 2 Sekolah Dasar, 3 TK, 2 PAUD dan 1 SMP. Kirab tersebut menempuh rute 1,5 Km dari Dusun Sanggrahan dan berakhir di puncak Gunung Gono," kata Kepala Desa Banyubiru, Wintoro.

Kegiatan kirab ini, lanjut Wintoro, mengusung tema Gugur Gunung atau gotongroyong, yang mana kebersamaan dalam gotong royong menjadi budaya warga Desa Banyubiru, yang diwujudkan dalam kekompakan penampilan dalam kirab tersebut. "Anggaran pembuatan tumpeng disubsidi dari desa yang bertujuan untuk stimulan, sedangkan untuk uborampe lainnya anggaran dari masing-masing dusun hal tersebut merupakan wujud gotongroyong itu sendiri," lanjutnya.

Adapun tumpeng yang dikirab terbuat dari Sego Megono, yang usai kirab dinikmati bersama oleh masyarakat dalam kembul bujono atau makan bersama. Dalam kesempatan tersebut, mewakili Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang, Iwan Sutiarso, PLT Kabid Pemasaran dan Kelembagaan Disparpora, Zumrotun Rini, menyampaikan, selain kirab dalam hari terakhir rangkaian kegiatan Festival Lembah Merapi yang dimulai dari 2 Agustus hingga 4 Agustus, juga  digelar kegiatan Parade Hewan Hias.

"Parade Hewan Hias ini mengajak kita untuk peduli dan menyayangi hewan. Pada parade kali ini, diikuti berbagai jenis hewan. Diantaranya kambing, anjing, reptil dan lain-lain," imbuhnya.

Disampaikan Zumrotun, kegiatan Festival Lembah Merapi ini memasuki tahun kedua. Dari evaluasinya, FLM kali ini mampu meningkatkan jumlah pengunjung (wisatawan) ke Gunung Gono. "Dalam kegiatan ini kami juga menghadirkan bintang tamu Ivan Seventeen yang menghibur pengunjung pada malam minggu Sabtu (03/08/2019) kemarin.

Jumlah kunjungan naik 50 persen, jika dibandingkan dengan kegiatan tahun kemarin. Ditambah sejak bulan Januari 2019, telah dibuka Pasar Lembah Merapi Gunung Gono, yang juga telah ramai dikunjungi masyarakat," pungkasnya. (Bag)
 

BERITA REKOMENDASI