Warga Desa Wero Tuntut Hak Atas Tanah GG

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Warga masyarakat Desa Wero Kecamatan Ngombol Kabupaten Purworejo menuntut hak pengelolaan atas tanah GG (tanah negara) yang telah dikuasakan kepada warga. Mereka selama ini tidak mendapatkan haknya, setelah dilakukan alih kelola oleh mantan kepala desanya (Kades).

“Dulu sebelum dialihkelolakan, warga mendapat bagian atas sewa tanah, namun setelah dialihkelolakan warga tidak mendapat hak apa-apa,” kata Kades Wero Suyoto, Mingu (4/2).

Suyoto yang baru dua bulan menjabat sebagai Kades ini mengaku didesak warganya untuk mengembalikan hak atas pengelolaan lahan seluas kurang lebih delapan hektar di pesisir selatan desa itu.

Usai pertemuan dengan warga di kantor desa setempat, Suyoto mengaku telah berupaya menemui mantan Kades Snr (35) namun tidak mau ditemui, termasuk dalam pertemuan dengan warga itu juga diundang, namun yang bersangkutan tidak mau hadir.

“Bahkan saat serahterima jabatan Kades, Snr mewakilkan untuk menyerahkan cap desa,” jelasnya.

Mujiyono Kades Wero dua periode sejak tahun 1984 menambahkan, sebelumnya warga menerima bagi hasil dari  pengelolaan hak atas tanah GG itu. Kemudian lahan disewa pihak lain untuk ditanami buah naga. “Warga juga mendapat bagi hasil,” tandasnya.

Begitupun saat Kades dijabat Sugeng Pamuji, yang juga dua periode, hak-hak warga lancar diberikan. Namun setelah Kades dijabat Snr, hak warga tidak lagi diberikan. Bahkan pihak penyewa sudah beralih tangan. Dari tanaman buah naga juga dirubah menjadi tambak udang. “Sejak itu warga tidak lagi diberi haknya,” jelas Mujiyono.(Nar)

 

BERITA REKOMENDASI