Warga Dukun Syukuran, Dibangun Sabo Dam untuk Tingkatkan Air Baku

MAGELANG, KRJOGJA.com – Pemerintah Desa/Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang menggelar tasyakuran dimulainya pembangunan sabo dam Kali Lamat Rabu (1/7/2020) kemarin. Kegiatan yang dianggarkan dari APBN ini diharapkan mampu meningkatkan air baku di wilayah Dukun. Di sisi lain juga untuk meminimalisir banjir lahar.

Kepala Desa Dukun, Tanto Heryanto Kamis (2/7/2020) mengatakan jika warganya sudah sekitar 10 tahun ini menunggu pembangunan Sabo Dam Kali Lamat tersebut. “Masyarakat kami sudah menunggu kurang lebih 10 tahun lamanya pembuatan Sabo Dam ini. Hal ini penting karena untuk irigasi pengairan pertanian warga,” katanya.

Pihaknya menjelaskan, program pembangunan ini merupakan apresiasi warga yang dibawa oleh anggota DPRD RI, Sudjadi yang diberikan kepada Kementrian PU. “Jadi masyarakat juga harus tahu alur pembangunan yang menelan anggaran kurang lebih 13 Miliar dan akan berlangsung selama tiga bulan. Untuk tahun 2021, desa kita juga akan dibangun Embung. Untuk saat ini masih proses pengajuan teknis namun tetkendala soal SKRK. Jadi kami minta bantuan Ketua Dewan untuk arahannya,” tutupnya.

BERITA REKOMENDASI