Warga Jatikontal Sulap Pantai Jadi Obwis

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Warga Desa Jatikontal Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo menyulap pantai setempat menjadi objek wisata (obwis). Mereka menamai kawasan wisata itu dengan sebutan Pantai Mutiara Biru.

Sejumlah sarana dibangun di hutan cemara pantai, seperti wahana permainan outbound dan kolam bermain anak. Pengelola juga bekerjasama dengan nelayan setempat untuk kegiatan edukasi. Pengelola juga mulai menghijaukan kawasan pesisir dengan menanam bakau.

Pengelola outbound Wahyudi mengatakan, pemanfaatan kawasan pantai dilakukan bekerjasama dengan BUMDes Desa Wisata Mangrove Jatikontal (Dewimanja). "Kami memiliki ide yang sama, memikirkan bagaimana pantai digunakan untuk kegiatan yang produktif," ujarnya kepada KRJOGJA.com, Selasa (17/04/2018).

Menurutnya, selama ini masyarakat tidak pernah mengenal potensi wisata Pantai Jatikontal. Pantai itu hanya dikenal sebagai tempat pendaratan ikan setelah pemerintah membangun Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Jatikontal. Aktivitas nelayan tangkap pun tidak begitu masif karena sebagian besar warga memilih menjadi petambak udang.

Penamaan Pantai Mutiara Biru, katanya, merupakan upaya masyarakat me-rebranding Pantai Jatikontal. "Dengan ganti nama, kami berharap ada perubahan pandangan masyarakat umum terhadap Jatikontal. Pantai Jatikontal juga layak dikunjungi," tegasnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI