Warga Kemranggen Persembahkan 5.173 Ayam Panggang

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Warga Desa Kemranggedang Kecamatan Bruno Kabupaten Purworejo mempersembahkan 5.173 ingkung atau ayam panggang dalam merti desa sedekah bumi, Senin (22/10/2018). Ayam dan hasil bumi dibagikan untuk ribuan warga di desa sekitar serta pejabat kecamatan serta kabupaten.

Merti desa tersebut merupakan bentuk syukur atas hasil panen selama tiga tahun terakhir. "Kami ingin berbagi dengan masyarakat desa sekitar," tutur warga Desa Kemranggen Puspitaningrum, kepada KRJOGJA.com.

Sedekah dibagikan untuk warga Desa Wonosido dan Pamriyan Kecamatan Pituruh, Gunung Condong dan Karanggedang Bruno. Selain itu, warga di luar empat desa yang memiliki tanah di Kemranggen, juga mendapat bagian.

Kegiatan merti diawali arak-arakan 'bregada' dari masjid desa menuju panggung seni. Setelah penyerahan tumpeng, beberapa pejabat memberi sambutan, kemudian ditutup pentas Tayub. Panitia membungkus ingkung dan hasil bumi dalam ambeng untuk dibagikan.

Merti desa juga menunjukkan guyub rukun antarmasyarakat desa di Kecamatan Bruno dan sekitarnya. Selain di Kemranggen, merti desa serupa juga dilaksanakan warga empat desa penerima bingkisan hasil bumi.

Masyarakat menghabiskan dana kurang lebih Rp 450 juta untuk membuat 42 ambeng. Setiap ambeng ditanggung enam keluarga. Setiap keluarga menyumbangkan dana antara Rp 1 juta – Rp 2 juta dan tenaga.

"Kami tidak keberatan, justru senang karena bisa berbagi dengan masyarakat. Sekaligus sebagai balasan, karena kalau empat desa itu menggelar merti desa, warga Kemranggen juga diundang," terangnya.

Asisten Administrasi dan Kesra Setda Kabupaten Purworejo Muh Wuryanto mengemukakan, pemkab mengapresiasi setiap kegiatan budaya yang diselenggarakan masyarakat. "Ini kegiatan positif, bentuk guyub rukun masyarakat. Mereka juga berbagi rezeki dengan warga sekitar," katanya.

Pemkab, katanya, juga mendapat keluhan apabila hasil panen turun akibat kekurangan air. Muh Wuryanto menyebut apabila pemkab berencana memperbaiki saluran irigasi tersier di Kecamatan Bruno tahun 2019. (Jas)

BERITA REKOMENDASI