Warga Kentengrejo Manfaatkan Pekarangan dengan Warung Hijau

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO (KRjogja.com) – Kehidupan warga masyarakat Desa Kentengrejo Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo yang mayoritas bermatapencaharian sebagai petani, ternyata tidak hanya menggarap lahan pertanian sebagai penopang utama ekonomi keluarga. Namun pekarangan rumah juga menjadi sasaran untuk beraktifitas dengan berbagai jenis tanaman sayuran, buah-buahan hingga tanaman obat-ibatan sebagai warung hidup.

“Di sini tidak ada lahan pekarangan rumah yang menganggur. Semua ditanami dengan berbagai jenis tanaman, baik itu sayuran hingga obat-obatan. Termasuk teras rumah juga dipenuhi dengan berbagai jenis hijauan tanaman,” kata Kepala Desa (Kades) Kentengrejo Sukamti, Selasa (12/12).

Upaya warga desa menghijaukan lingkungan rumah dengan berbagai jenis tanaman produktif ini menurut Sukamti, merupakan kerjasama dengan PKK dan Kelompok Wanita Tani (KWT) desa yang memberdayakan para ibu rumah tangga. “Penduduk di sini  rata-rata matapencahariannya sebagai petani, sehingga mengkondisikan perkembangan pengolahan pertanian sangat didukung sekali dengan adanya KWT untuk memajukan bidang pertanian. Termasuk dalam pemanfaatan pekarangan rumah dan lahan kosong,” jelasnya.

Berbagai jenis tanaman yang dikembangkan di pekarangan rumah ini diantaranya tanaman obat-obatan, sayuran, buah seperti pegagan, kunyit, cabe, tomat, terong, pepaya, jambu, rambutan, jeruk, dan masih banyak lagi jenis tanaman yang dimanfaatkan. (Nar)

 

 

BERITA REKOMENDASI