Warga Keturunan Tionghoa di Temanggung Sembahyang Sambut Imlek

Editor: Agus Sigit

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Menyambut Tahun Baru Imlek 2573, warga keturunan Tionghoa di Kabupaten Temanggung menggelar sembahyang di Klenteng Kong Ling Bio.

Sekretaris Tempat Ibadah Tri Dharma Cahaya Sakti (TITD) Kong Ling Bio, Lidya Samstya Graha mengatakan sembahyang menyambut Imlek dilakukan warga keturunan Tionghoa mulai Senin (31/1) malam sekitar pukul 23.00 WIB hingga Selasa (1/2).

“Kami memulai tahun ini dengan berdoa, supaya semuanya menjadi lebih baik. Kami memohon kepada Yang Maha Kuasa supaya keadaan menjadi lebih baik,” kata Lidya, Selasa (1/2).

Dikatakan karena masih masa pandemi sembahyang kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam menyambut Imlek belum digelar kesenian. “Yang utama adalah sembahyang kepada Tuhan YME untuk menyambut Imlek,” kata dia.

Dia menyampaikan nanti pada 8 Februari 2022 juga ada sembahyang kepada Tuhan yang dimuali pukul 18.00 WIB hingga pagi hari. Sedangkan pada 15 Februari 2022 ada Cap Go Meh yang merupakan akhir dari rangkaian perayaan Tahun Baru Imlek.

Petugas layanan dupa Kelenteng Kong Ling Bio, Ardi mengatakan untuk sembahyang menyambaut Imlek hari ini relatif sepi dibanding tadi malam.

“Kalau semalam beberapa keluarga datang hampir bersamaan untuk melakukan sembahyang sehingga lebih ramai, kalau hari ini cenderung masing-masing keluarga atau mereka yang semalam belum sempat sembahyang di kelenteng,” katanya.

Dikemukakan perayaan Imlek sederhana saja, umat melakukan sembahyang dengan permohonan sendiri-sendiri.

Dikatakan Senin malam juga dilakukan ritual menyalakan lilin ukuran besar oleh masing-masing yang memasang lilin di kelenteng.

“Lilin ini maknanya untuk penerangan selama satu tahun ke depan,” katanya. (Osy)

BERITA REKOMENDASI