Warga Magelang Semakin Makmur dengan Bunga

MAGELANG, KRJOGJA.com – Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang mendorong para pelaku budidaya tanaman hias untuk terus meningkatkan kemampuannya. Tidak hanya sekadar budidaya, mereka juga diminta bisa menangkap peluang usaha melalui pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan.

"Kalau hanya budidaya, itu terbatas, tidak ada peningkatan usaha. Untuk bisa menangkap peluang usaha baru, mereka kita berikan pelatihan pengemasan tanaman hias untuk souvenir, dekorasi interior, hingga pengemasan bunga potong," kata Kepala Seksi Prasarana dan Sarana Pertanian Disperpa Kota Magelang Yhan Noercahyo W di sela pelatihan, Senin (26/3/2018).

Yhan menambahkan dengan meningkatkan kompetensi para pelaku usaha tanaman hias, juga secara otomatis akan mendukung program Pemerintah Kota Magelang dalam mewujudkan Kota Sejuta Bunga.

Pelatihan ini merupakan kelanjutan dari pelatihan yang telah dilaksanakan tahun sebelumnya. "Jadi pelatihan ini berjenjang. Peserta yang tahun kemarin ikut pelatihan budidaya tanaman hias, sekarang diikutkan pengemasan tanaman hias. Jumlah peserta ada sebanyak 30 orang dari Kota Magelang," kata Yhan.

Untuk tahun ini, lanjutnya, ada tiga pelatihan yang diselenggarakan dan dilaksanakan di Kantor Disperpa, yaitu pelatihan pengemasan tanaman hias, pelatihan budidaya tanaman anggrek, pelatihan budidaya tanaman hias. Objek tanaman hias pada pelatihan kali ini adalah kaktus untuk souvenir, aglaonema, dan bunga potong dalam keranjang.

Salah satu nara sumber pelatihan Novita Niladewi mengatakan para pelaku usaha tanaman hias perlu mengetahui tentang tata cara pengemasan yang baik. "Karena semakin bagus pengemasan tanaman, nilai jualnya juga akan bertambah," katanya.(Tha)

 

BERITA REKOMENDASI