Warga Mampu Terindikasi Gunakan Gas Bersubsidi

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Sejumlah warga Kabupaten Purworejo yang mampu secara ekonomi, terindikasi menggunakan gas elpiji bersubsidi. Penggunaan tidak tepat sasaran itu turut mempengaruhi pasokan gas yang diperuntukkan bagi warga miskin.

Warga mampu membeli gas lebih dari satu tabung dengan alasan untuk menjaga stok di rumah mereka. "Kami temukan warga yang sebetulnya ekonominya mapan, namun masih pakai gas bersubsidi," ujar Panji Pranowo, koordinator agen gas elpiji Kabupaten Purworejo, kepada KRJOGJA.com, Minggu (24/9/2017).

Selain warga mampu, pengecer dan para spekulan gas juga ikut memborong gas. Kondisi itu, katanya, menyebabkan konsumen berpenghasilan rendah kesulitan mendapat gas karena di pangkalan sudah habis.

Padahal agen di Purworejo terus mendistribusikan gas setiap hari, kecuali saat libur. Agen, katanya, tidak akan menyetok gas tiga kilogram di gudang karena termasuk kategori penimbunan dan mendapat penalti. Agen langsung menyalurkan ke pangkalan begitu keluar dari SPBE.

Bahkan pasokan terus mengalami penambahan dibanding tahun sebelumnya. Panji mencontohkan, untuk agen PT Eka Karya Asta, alokasi September 2017 sebanyak 118.800 tabung, naik dari September tahun lalu 118.600. Sementara untuk PT Sidha Karya Mulia naik dari 107.600 tabung September 2016 menjadi 108.320 pada 2017.

"Pengamatan kami, muncul kepanikan karena isu gas 3 kg akan ditarik, diganti Bright Gas 5,5 kg, sehingga warga menyerbu pangkalan untuk menambah stok gas. Padahal itu kabar tidak benar, tidak ada penarikan," tegasnya.

Menurutnya, agen membantu kelancaran distribusi dengan jalan meminta pangkalan fokus memasarkan gas untuk warga di lingkungan usaha. Selain itu dengan membatasi penjualan untuk pengecer maksimal dua tabung.

"Namun sekiranya kurang, kami akan mengajukan kuota fakultatif kepada Pertamina," tuturnya.

Panji juga mengimbau warga mampu untuk tidak menggunakan gas bersubsidi. Menurutnya, ada pilihan gas nonsubsidi dengan harga yang masih terjangkau, yakni Bright Gas 5,5 kg.(Jas)

BERITA REKOMENDASI