Warga Mengeluh, Limbah Cair Cemarkan Sungai Elo

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Warga Desa Soropadan Kecamatan Pringsurat Temanggung berkeluh atas pembuangan limbah cair dari sebuah pabrik tekstil karena limbah itu telah mengakibatkan pencemaran lingkungan terutama merusak ekosistem di sungai Elo.

Seorang perwakilan Komunitas Hulu Kali Elo Nauval Imam Fahrudin mengemukakan pembuangan limbah cair ke sungai menyebabkan perubahan warna air sungai dari jernih menjadi keruh.

“Ekosistem sungai di bawah pembuangan limbah cair menjadi terganggu, ditandai populasi ikan menjadi berkurang, karena banyak yang mati atau tidak berkembang biak,” kata dia, Rabu (9/9/2020).

Dia mengatakan warga sekitar yang biasanya mencari ikan, atau nelayan ikan tawar, sudah semakin susah mendapatkan ikan. Kalau toh mendapatkannya, konsumen yang tahu dimana menanhkapnya memilih untuk tidak membeli karena takut mengandung residu kimia berbahaya.

Dia mengemukakan dampak lain, dari pembuangan limbah cair tersebut adalah gatal di kulit. Pengobatan membutuhkan waktu yang relatif lama yakni mencapai berhari-hari. Padahal biasanya hanya sekitar dua atau tiga jam.

BERITA REKOMENDASI