Warga Mengeluh, Limbah Cair Cemarkan Sungai Elo

Dikemukakan penyebab pencemaran baru diketahui beberapa hari lalu saat dirinya bersama masyarakat lainnya sedang melakukan tubing di kali tersebut. Semula pencarian telah dilakukan beberapa waktu lalu tetapi belum juga diketahui, hingga kemudian diketahui saat tubing. “Limbah cair itu berwarna keruh, yang membuat air sungai jadi tidak lagi jernih,” kata dia.

Dia menyampaikan Desa Soropadan sebagai salah satu desa wisata terganggu dengan adanya pembuangan limbah itu, sebab daya tarik wisata menjadi berkurang.

“Desa kami menjadi salah satu desa wisata di Temanggung, untuk menambah daya tarik wisatawan, kami menawarkan kegiatan tubing. Kegiatan ini kami lakukan uji coba dari candi umbul, sesampainya di tempat pembuangan limbah dari pabrik itu ternyata air limbahnya sangat keruh sekali, kadang juga berwana merah, hijau dan kadang hitam pekat sekali, warna airnya limbahnya berubah-ubah,” kata dia.

Dia menyampaikan pada saat siang hari debit air dari pembuangan limbah itu memang kecil, namun jika malam hari air limbah dari pabrik itu cukup besar. Dampak dari pembuangan air limbah ini tidak hanya dirasakan oleh masyarakat di Desa Soropadan saja, namun juga dirasakan oleh masyarakat di Desa Donorejo dan Secang Magelang.

“Yang saya ketahui tiga desa ini yang terdampak langsung, kalau setelah Secang hingga ke Magelang kami belum tahu secara pasti,” kata dia.

BERITA REKOMENDASI