Warga Terdampak Bendungan Bener Terima Bantuan Sembako Murah

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – PT Waskita Karya (Persero) membagikan 590 paket sembako murah untuk warga terdampak pembangunan Bendungan Bener di Desa Guntur, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo. Bantuan senilai seratus ribu rupiah perpaket itu diserahkan kepada warga di objek wisata Bukit Seribu Besek, Kalipancer, Guntur, Sabtu (07/12/2019).

Ratusan warga dari Desa Guntur dan Karangsari Kecamatan Bener memadati objek wisata tersebut sejak pagi. Mereka menebus satu kupon dengan uang Rp 10.000. "Cukup murah, kami dapat lima kilogram beras, minyak goreng, terigu, gula, teh, dan mi instan," kata warga RT 01 RW 05 Guntur, Mutmainah, kepada KRJOGJA.com.

Pembagian sembako murah itu dilaksanakan dalam rangka ulang tahun ke – 59 perusahaan BUMN itu. Selain di Guntur, bakti sosial juga dilaksanakan di Wates Kulonprogo, Way Sekampung Lampung dan Cibitung Cilincing Jakarta.

Senior Vice President (SVP) Risk Management Waskita Karya Ratna Trisnaningrum mengatakan, bakti sosial merupakan bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan. "Kami ingin berbagi dengan masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan proyek," ucapnya.

Menurutnya, lokasi Bendungan Bener dipilih karena proyek waduk biasanya dikerjakan di kawasan yang jauh dari perkotaan. Masyarakat, lanjutnya, lebih senang apabila kontraktor menyelenggarakan bakti sosial dengan mereka sebagai sasarannya. 

Waskita, katanya, tidak akan mengambil uang hasil penebusan sembako. "Hasilnya semua digunakan untuk membantu masjid di Desa Guntur, tentu kami akan berkoordinasi dengan masyarakat," ungkapnya.

Selain itu, Waskita juga mengadakan kegiatan bakti pendidikan dan bakti pesantren di kawasan proyek. Kegiatan bakti pendidikan, dilakukan dengan membangun Laboratorium Matematika di SMP 19 Purworejo.

Ditambahkan, pemilihan lokasi Bendungan Bener tidak terkait dengan kerusakan rumah yang timbul akibat proses peledakan atau blasting. Pekerja Waskita melakukan peledakan bukit untuk membuka akses masuk menuju lokasi tapak bendungan.

Proses itu, menyebabkan 234 rumah mengalami kerusakan ringan hingga sedang. "Bakti sosial di Guntur tidak ada kaitannya dengan dampak blasting, kami sudah rencanakan sejak lama," tandasnya.(Jas)

 

BERITA REKOMENDASI