Warga Terpapar Lebih Tenang Isolasi Mandiri di Rumah

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Warga terpapar Covid-19 di Desa Brenggong Kecamatan/Kabupaten Purworejo lebih memilih isolasi di rumah. Mereka merasa lebih nyaman ketika menjalani isolasi mandiri, karena tetap bisa beraktivitas meski hanya di dalam rumah.

Hal itu diungkapkan salah satu warga terpapar yang juga perangkat Desa Brenggong, Maryono. Dalam wawancara yang dilakukan dari jarak sekitar lima meter dan mengenakan masker, warga RT 03 RW 02 itu mengaku memilih rumah karena lebih bebas. “Kalau mau istirahat tinggal tidur, jadi lebih bebas dan nyaman kalau di rumah,” ungkapnya menjawab pertanyaan KRJOGJA.com, Jumat (11/06/2021).

Maryono menjalani isolasi mandiri sejak 8 Juni 2021. Ia tidak sendirian karena tiga anggota keluarganya yang lain juga melakukan isolasi mereka setelah dinyatakan positif terpapar Covid-19.

Selain itu, Maryono dan keluarganya tidak menunjukkan gejala berat. “Dulu sempat batuk, panas tubuh naik, tapi cuma dua hari dan sekarang saya merasa biasa, tidak ada keluhan kesehatan. Sudah tidak ada rasa khawatir, biasa saja,” ujarnya.

Menurutnya, keluarga semakin tenang karena semua kebutuhan logistik dicukupi satgas PPKM Mikro, Jogo Tonggo, maupun satgas kabupaten. “Logistik sementara cukup, kami bisa memasaknya sendiri di rumah,” katanya.

Selama isolasi, ia dan keluarganya tidak berinteraksi dengan lingkungan. Aktivitas luar rumah, katanya, hanya untuk berjemur, olahraga, atau menjemur pakaian.

Maryono dan keluarganya akan menjalani isolasi mandiri di rumah hingga 22 Juni 2021. “Kami berharap bisa melalui ujian ini dengan sebaik-baiknya, hingga kembali dinyatakan sehat dan dapat beraktivitas melayani masyarakat,” tegasnya.

Sementara itu, Kapolres Purworejo AKBP Rizal Marito SH SIK MSi mengemukakan, semua kebutuhan warga yang melakukan isolasi mandiri di rumah akan dipenuhi Satgas Covid-19 kabupaten. Kapolres akan menyiapkan personil gabungan sebagai penghubung antara warga terpapar dengan posko.

Personil, lanjutnya, akan mendata kebutuhan warga, kemudian bantuan akan disalurkan ke setiap rumah tangga yang sedang isolasi mandiri. “Apa kebutuhan pokoknya, akan dicukupi,” tandasnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI