Wartawan Magelang Deklarasi Anti-Hoaks

MAGELANG, KRJOGJA.com – Sebagai upaya memerangi penyebaran berita bohong di masyarakat, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten dan Kota Magelang, bekerjasama dengan Polres Magelang melakukan deklarasi anti-hoaks. 

Deklarasi dilaksanakan di pelataran Candi Borobudur, Kamis (22/3/2018). Sebagai simbolis, mereka membacakan deklarasi dan pelepasan balon serta burung merpati.

"Terima kasih kepada para wartawan anggota PWI yang ikut membasmi hoaks di masyarakat. Wartawan yang tergabung dalam PWI, harus ikut menyajikan berita kebenaran dan berperan membasmi hoaks itu," kata Kabag Sumber Daya Manusia Polres Magelang, Kompol Eko Mardiyanto.

Hingga saat ini, kata Kompol Eko memang belum menerima adanya laporan kasus hoaks di Kabupaten Magelang. Namun, meminta warga untuk lebih jeli dalam mengkonsumsi berita. 

"Masyarakat harus bijak memilah dan memilih berita, jangan sampai berita yang belum tentu kebenarannya dipercayai begitu saja. Saring dulu sebelum share," pintanya.

Ketua PWI Kabupaten Magelang, Bagyo Harsono mengakui peredaran hoaks bisa meresahkan masyarakat. Karenanya, peran para wartawan dibutuhkan untuk menyebarkan berita benar sesuai fakta.

Sejak dibentuk pada 2017, katanya, PWI telah menyatakan siap memerangi hoaks. Salah satu upayanya dengan melakukan uji kompetensi pada anggotanya. (Bag)

BERITA REKOMENDASI