Waspada, Penipu Catut Nama Bupati-Wabup Purworejo

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Upaya penipuan diduga dilakukan pihak-pihak tertentu dengan mengatasnamakan Bupati Purworejo Agus Bastian dan Wakil Bupati Yuli Hastuti. Pesan lewat aplikasi Whatsapp dari nomor gelap dengan foto profil bupati dan wakil bupati, dikirimkan ke sejumlah pengurus madrasah serta tempat ibadah di Purworejo.

Dalam pesan tersebut, pelaku mengaku sebagai bupati atau wakil bupati, mengatakan akan memberikan bantuan. “Namun ujungnya, pengirim pesan meminta nomor rekening dan alamat madrasah atau tempat ibadah,” tutur Kabag Humas dan Protokoler Setda Purworejo Rita Purnama, kepada KRJOGJA.com, Sabtu (6/3).

Menurutnya, dugaan penipuan itu diketahui ketika humas pemkab menerima laporan adanya pihak-pihak yang meminta nomor rekening dengan dalih penyaluran bantuan. Ketika dicek, katanya, pengirim pesan memiliki nomor yang berbeda-beda, namun mereka menggunakan foto Bupati Purworejo atau Wakil Bupati Purworejo dalam profilnya.

Pelaku mengaku sebagai bupati atau wakil, sesuai dengan foto yang mereka pasang. Namun apa yang disampaikan, katanya, sama yakni akan menyalurkan bantuan uang lalu meminta syarat nomor rekening dan alamat.

Ditegaskan, bupati atau wakil bupati tidak pernah mengirimkan pesan berisi janji sesuatu, kemudian meminta nomor rekening. “Untuk bantuan sudah ada dinas yang mengurusi, tidak dilakukan bupati atau wakil bupati. Jangan mudah percaya, konfirmasikan kepada pemkab atau pihak terkait di kecamatan,” tegasnya.

BERITA REKOMENDASI