Watimpres Kunjungi Desa Penghasil Tembakau Terbaik Dunia

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG (KRjogja.com) – Tim Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) yang dipimpin Suharso Monoarfa mengunjungi Desa Legoksari Kecamatan Tlogomulyo yang dikenal sebagai penghasil tembakau terbaik di dunia, Kamis (08/09/2016). Di sini Watimpres disambut dengan demonstrasi petani yang menuntut pemerintah membuat regulasi yang menguntungkan petani tembakau.

Mantan menteri Perumahan Rakyat pada Kabinet Bersatu pertama itu sempat terkejut dengan hasil budi daya tembakau di Desa Legoksari. Berdasar hitungannya pendapatan perkapita di desa itu Rp 200 juta, yang didapat dari hasil penjualan tembakau di desa berpenduduk 1723 jiwa dengan 425 Kepala keluarga itu mencapai Rp 35 miliar.

Setelah berinteraksi dengan petani di lahan tembakau, Watimpres selanjutnya mendatangi perwakilan pabrik rokok yang ada di daerah itu untuk melihat transaksi perdagangan tembakau rajangan.

Suharso mengatakan kedatangannya untuk mendapatkan data dan informasi secara langsung tentang kehidupan petani yang kemudian akan dijadikan bahan masukan untuk kebijakan Presiden. Diantaranya, apakah benar ada kegagalan panen, dan bagaimana disikapi oleh para pabrikan. "Kami juga ingin tahu bagaimana kemitraan petani dengan pabrik rokok," katanya. (Osy)

BERITA REKOMENDASI