Webinar Unimma Jadi Ajang Curhat Para Petani

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG, KRJOGJA.com – Beberapa permasalahan disampaikan petani dari beberapa daerah di Indonesia, termasuk dari Magelang, saat mengikuti webinar yang diselenggarakan Muhammadiyah Tobacco Control Centre (MTCC) Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) di Kampus 2 Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) dengan Kementerian Pertanian RI tentang “Kebijakan pemerintah untuk mengoptimalkan kesejahteraan petani”, Sabtu (24/10/2020).

Tidak hanya berkaitan dengan rendahnya harga sayur saat terjadi panenan, tetapi juga ada yang berkaitan dengan kondisi harga tembakau, kartu tani, kebutuhan pupuk menjelang musim tanam tahun 2020 ini maupun lainnya. Bahkan ada juga yang menyinggung bagaimana peran aktif pemerintah untuk membantu petani swadaya di Pulau Lombok.

Webinar diikuti petani yang tergabung dalam Forum Petani Multikultur Indonesia (FPMI), Dinas Pertanian se-Jawa Tengah, jaringan Tobacco Control (TC) se-Indonesia, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) dan Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) se-Jawa Tengah, serta Perguruan Tinggi di Jawa Tengah yang memiliki Fakultas Pertanian.

Webinar dengan moderator Siti Noor Khikmah SE MSi menampilkan beberapa pembicara secara virtual, diantaranya Ketua Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) PP Muhammadiyah Dr HM Nurul Yamin MSi. Guru Besar Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Prof Ir H Totok Agung Dwi Haryanto MP PhD maupun lainnya.

Rektor Unimma Suliswiyadi MAg diantaranya mengatakan Unimma melalui MTCC sangat memperhatikan kesejahteraan petani, salah satunya dengan membuat gagasan rintisan Sekolah Petani. Unimma akan menggunakan resource yang dimiliki, meskipun tidak memiliki jurusan Pertanian. Gagasan rintisan Sekolah Petani Unimma bukan ingin mencetak ahli pertanian, akan tetapi membentuk komunitas agar petani berdaya dengan kompetensi merdeka. Sehingga mereka mampu menghadapi tantangan zaman yang selalu berubah.

Ketua MTCC Unimma Dra Retno Rusdjijati MKes di forum ini juga menyampaikan kesimpulan.

BERITA REKOMENDASI