Wereng Mengganas, Petani Percepat Masa Panen

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Di tengah kegembiraan menikmati masa  Lebaran 2017, sebagian petani di sejumlah desa Kecamatan  Sruweng, Adimulyo dan Karanganyar Kabupaten Kebumen harus  rela turun ke sawah demi menyelamatkan padi mereka yang diserang hama wereng. 

"Sejak dua hari setelah hari H Lebaran kami bergegas memanen padi kami agar tak habis dimakan wereng. Bila tak segera   dipanen, bisa jadi padi kami habis dimakan oleh gerombolan wereng," ujar petani Desa Karanggedang Kecamatan Sruweng Kebumen, Marjuki, saat memanen padi di sawahnya, Jum'at, (30/06/2017).

Menurut Marjuki areal padi di desanya yang sebagian besar ditanami padi jenis Ciherang rata-rata sudah mencapai umur siap panen. Namun beberapa hari menjelang  hari H Lebaran 2017 ada beberapa petani yang melaporkan padi siap panen mereka didatangi gerombolan wereng. 

"Setelah memasuki areal tanaman padi wereng menyerang batang dan bulir padi. Akhirnya para pemilik sawah yang tanaman padinya terserang wereng memutuskan untuk segera panen seusai  hari H Lebaran. Bila tidak, wereng akan menghabiskan semua padi dan petani akan gigit jari karena tak bisa panen," jelas Marjuki.

Kendati kesulitan mencari buruh panen di tengah suasana lebaran, Marjuki dan beberapa pemilik sawah masih bisa  bersyukur serangan wereng itu terjadisaat padi sudah cukup  umur. (Dsh)

BERITA REKOMENDASI