Wisatawan Banyak Kunjungi Candi Borobudur

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Kerinduan masyarakat untuk berkunjung ke Candi Borobudur mulai terobati, dengan dilakukannya uji coba kunjungan wisata umum, Sabtu (18/09/2021). Meskipun merupakan hari pertama uji coba menggunakan aplikasi PeduliLindungi, banyak warga dari beberapa daerah yang antusias berkunjung ke Candi Borobudur.

Mereka ada yang datang sendiri, tetapi ada juga yang datang dengan rombongan keluarga dengan naik kendaraan pribadi maupun lainnya. Ini seperti pengunjung dari wilayah Surabaya, Jakarta, Bandung maupun lainnya. Hingga Sabtu sore tercatat ada 592 orang yang berkunjung ke Candi Borobudur.

Ada diantara mereka yang sudah download aplikasi PeduliLindungi di handphone (HP) atau smartphone yang dibawanya, tetapi ada juga yang belum. Beberapa petugas juga langsung memberikan edukasi cara download aplikasi tersebut. Bagi yang sudah download, proses scan QR Code bisa cepat.

Sementara itu WS GM Borobudur Jamaludin Mawardi kepada KRJOGJA.com mengatakan animo masyarakat berkunjung ke Candi Borobudur tetap tinggi di hari pertama pelaksanaan uji coba penggunaan aplikasi PeduliLindungi, Sabtu. Dengan tingginya animo ini diharapkan pihaknya tetap dapat berusaha menerapkan aplikasi PeduliLindungi secara konsisten, mengingat hal itu menjadi kunci keberhasilan uji coba.

Beberapa kejadian di hari pertama, Sabtu, perlu menjadi catatan. Semua yang terlibat dalam pariwisata di TWCB juga perlu untuk diedukasi, mengingat PeduliLindungi merupakan sesuatu yang baru.

“Mungkin mereka sudah terbiasa dengan handphone (HP) atau smartphone, namun dengan penggunaan aplikasi PeduliLindungi ini mereka juga harus diedukasi untuk membiasakan,” katanya sambil menambahkan dalam hal ini juga masih perlu ada proses edukasi yang benar. Sehingga nanti dalam perjalanan ke depan penggunaan PeduliLindungi ini menjadi keharusan untuk dijalankan bagi semua pihak. (Tha)

BERITA REKOMENDASI