Wisatawan Masih Terkonsentrasi ke Candi Borobudur

MAGELANG (KRjogja.com) – Kunjungan wisatawan di Kabupaten Magelang selama libur lebaran 1437 H kemarin, mayoritas masih terkonsentrasi ke Candi Borobudur. Padahal, Pemkab Magelang melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), sudah menyiapkan beberapa objek wisata alternatif lainnya. Hanya saja, dirasakan masih belum optimal.

"Selain candi borobudur, kabupaten magelang sebenarnya banyak objek wisata lain yang layak untuk dikunjungi. Diantaranya, ketep pass, candi umbul, arung jeram sungai elo dan progo, desa-desa wisata, beberapa air terjun dan lainnya. Namun tetap saja, incaran wisatawan yang utama tetap ke candi Borobudur," kata Kepala Disparbud, Drs Edy Susanto, Senin (18/07/2016).

Meski begitu, kata Edy, pihaknya cukup bangga, kunjungan wisatawan tahun ini mulai menyebar ke sejumlah objek wisata selain Candi Borobudur. “Terbukti, ketep pass selama libur lebaran kemarin mampu memperoleh pendapatan mendekati Rp 200 juta. Sementara kunjungan ke objek wisata lain juga meningkat tajam,” ungkapnya.

Ditambahkan Pengelola Punthuk Setumbu, Nur Zazit mengungkapkan, minat wisatawan menikmati sunrise tergolong tinggi selama libur Lebaran kemarin. “Setiap pagi, ada ribuan wisatawan naik ke Punthuk Setumbu. Peningkatan jumlah kunjungan ini mulai terjadi setelah film Ada Apa Dengan Cinta 2 (AADC 2) shooting di Punthuk Setumbu," imbuhnya. (Bag)

BERITA REKOMENDASI