Wisatawan Telomoyo Melonjak Lima Kali Lipat

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Meski tergolong destinasi baru di Kabupaten Magelang, namun sejak selesai ditata tahun 2017 lalu kini jumlah wisatawan yang berkunjung ke tempat ini melonjak 5 kali lipat. Jika selama tahun 2018 hanya dikunjungi 21 ribu, namun selama 2019 naik menjadi 109 ribu.

Kenaikan cukup signifikan tersebut, berkat kerja keras para pengelola dibantu sejumlah event yang dilakukan bersama Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang dan pihak lain. "Selama dua tahun itu atau sejak selesai ditata kemarin, menggelar beberapa event. Diantaranya festival telomoyo 2018,  festival telomoyo reborn 2019, gantole dan paralayang, lomba kesenian tradisional, lomba foto dan sebagainya. Sejak beberapa event dan kegiatan itu, ternyata berdampak signifikan terhadap kenaikan jumlah wisatawan," kata Mul Budi Santoso, salah satu pengelola wisata Gunung Telomoyo, Selasa (14/01/2020).

Untuk tahun 2020, kata Mul Budi yang akrab dipanggil 'Bodrek' tersebut pihaknya mentargetkan jumlah kunjungan akan naik menjadi sekitar 200 ribu. Untuk merealisasikannya, pihaknya telah merencanaka sejumlah kegiatan (event). Diantaranya festival telomoyo 2020 pada Juli mendatang, kejuaraan paralayang dan beberapa event lain bekerjasama dengan pihak swasta.

"Dalam waktu dekat sekitar awal februari besok, kami bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Magelang akan menggelar kegiatan bersama untuk memperingati hari pers nasional (HPN) tingkat kabupaten magelang. Selain itu, kami juga akan membenahi jalan yang rusak sepanjang sekitar 2 kilometer dan melengkapi sejumlah sarana dan prasarana lain. Salah satunya juga dengan mengoptimalkan 'telomoyo jip exsplore'," pungkasnya. (Bag)

BERITA REKOMENDASI