WONA-19 UMP Bantu Cegah Penyebaran Virus Corona

Editor: Agus Sigit

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Peringatan kepada masyarakat terkait bahaya covid-19 perlu diulang-ulang. Langkah ini akan efektif terhadap kepatuhan masyarakat sehingga pencegahan wabah covid-19 akan berhasil.

Guna membantu pemerintah dalam memberikan peringatan serta edukasi kepada masyarakat, tim pengembang Laboratorium Prodi Pendidikan Fisika Univeritas Muhammadiyah Purworejo (UMP) berusaha membantu dengan membuat Warning Corona Virus Deases (WONA-19). “Alat berupa sistem elektronika untuk memberi peringatan, himbauan dan arahan perihal covid 19. Bisa dipasang pada tempat umum,” kata Kepala Laboratorium Program Studi Pendidkan Fisika UMP Yusro al Hakim MSc, Sabtu (23/5).

Dijelaskan, komponen utama alat ini berupa mikrokontroller dan timer Real Timer Clock (RTC), modul mp3 player dan micro SD. Dengan suara yang di program, maka konten himbauan dan yang mengisi suara bisa disesuaikan, seperti pihak terkait, Gugus Tugas Covid, pemerintah maupun kepolisian.

“Alat ini sudah memperoleh sertifikat pengusul IDEAthon Innovation COVID-19, Kementerian RISTEKBRIN RI,” tambahnya.

Rektor UMP Dr Rofiq Nurhadi MAg didampingi Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Dr Siska Desy FatmaryantiMSi menambahkan, bahwa perguruan tinggi terus diharapkan untuk berperan dan berkontribusi dalam penanganan Covid-19 melalui aspek pendidikan dan pembelajaran.

“Pengembangan alat WONA-19 merupakan bagian dari dukungan UMP terhadap kegiatan riset dan inovasi untuk menjawab kebutuhan masyarakat dalam bentuk produk dan pengkajian,” katanya. (Nar)

 

BERITA REKOMENDASI