Wonosobo Empat Kali Beruntun Raih Opini WTP

Editor: Ivan Aditya

WONOSOBO, KRJOGJA.com – Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Wonosobo untuk keempat kalinya secara beruntun kembali menuai predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. Opini WTP tersebut diterima Bupati Wonosobo Eko Purnomo dan Ketua DPRD Afif Nurhidayat, dan disaksikan Sekda Wonosobo One Andang Wardoyo dan pimpinan perangkat daerah yang dilakukan secara virtual memanfaatkan Zoom Meeting di Ruang Kerja Bupati, Selasa (26/05/2020).

“Kami bersyukur, tahun ini untuk keempat kalinya secara berturut-turut Wonosobo berhasil meraih opini WTP dari BPK. Keberhasilan ini membuktikan bahwa komitmen kami dalam upaya mempertahankan kinerja keuangan daerah yang transparan dan akuntabel mendapat pengakuan dan apresiasi dari BPK RI,” tutur Bupati bersama Ketua DPRD seusai menandatangani berita acara serah terima hasil LKPD dengan opini WTP dari BPK RI Perwakilan Jawa Tengah.

Lebih lanjut, Bupati juga mengaku siap untuk menindaklanjuti sejumlah catatan dari para pemeriksa. Seperti masih adanya kekurangan dalam hal kelengkapan data dukung terkait kepemilikan aset daerah.

Hal itu selaras dengan komitmen Kepala Badang Pengelola Pendapatan Kekayaan dan Aset Daerah (BPPKAD) Junaedi dan Inspektur Pemkab Wonosobo Gatot Hermawan. Keduanya mengakui dibalik capaian WTP, masih ada sejumlah catatan dari BPK RI, yang meski tak mempengaruhi opini, tetap memerlukan tindak lanjut perbaikan dalam 60 hari kerja.

BERITA REKOMENDASI